Penyelenggara sekaligus Peserta

Salah satu pekerjaan yang sering dilakukan oleh LSM atau NGO adalah menyelenggarakan pelatihan, workshop, seminar atau forum diskusi kecil, bisa itu untuk internal organisasi, mitra atau umum.

Penyelenggara dari semua kegiatan tersebut adalah organisasi itu sendiri bukan dikerjakan oleh Event Organizer atau di sub kontrakkan ke tangan orang lain. Awal-awal saya aktif bekerja salah satu senior saya memberi nasehat bahwa ketika saya menyeleggarakan suatu kegiatan, jangan hanya sebagai penyelenggara tapi terlibatlah didalam ruangan sebagai peserta juga, kata-kata inilah  yang saya ingat sampai sekarang.

Ketika saya menyelenggarakan suatu kegiatan setelah persiapan segala hal selesai saya akan berusaha duduk didalam ruangan untuk ikut serta belajar, karena training,pelatihan atau lainnya bagi saya cara belajar yang cepat, dan saya juga bisa mendapatkan banyak ilmu bukan hanya dari materi yang disampaikan tapi dari diskusi yang ada karena rata-rata peserta  sangat beragam.

Kondisi ini seperti sekali mendayung satu dua pulau terlampau, selain memenuhi tanggung jawab pekerjaan menyelenggarakan kegiatan kita juga bisa menyerap ilmu dari materi-materi yang disampaikan.